DIY: Aloe Vera Hair Mask



Dalam menyambut bulan Ramadhan tahun ini, beberapa orang disekitarku mulai menggunakan hijab. Alhamdulillah. Namun banyak juga yang mengeluhkan beberapa permasalahan rambut dan kepala semenjak menggunakan hijab. Diantaranya adalah ketombe, rambut berminyak, dan rambut rontok.

Sebabnya sebenarnya bukan pada pemakaian hijabnya, melainkan perilaku kita sebagai pengguna hijab. Kita kerap mengabaikan perawatan rambut karena merasa rambut kita tertutup dan tidak terlihat oleh orang lain. Merawat anggota tubuh (dalam hal ini rambut) bukan masalah dilihat oleh orang lain atau tidak, melainkan kewajiban kita sebagai makhluk hidup yang dikarunia tubuh yang sempurna oleh tuhan.


Aku sendiri sudah menggunakan hijab selama kurang lebih sepuluh tahun. Mulai dari masih pakai-lepas-pakai, sampai dengan saat ini selalu pakai dan insya allah nggak akan di lepas-lepas lagi. Selama sepuluh tahun, tentu saja aku sering mengalami permasalahan rambut seperti yang aku sebutkan tadi. Nah, karena itu aku sering melakukan perawatan rambut. Lebih sering sih aku ngelakuinnya dirumah, dari pada ke salon. Entah kenapa kegiatan tersebut terasa asyik aja, selain menghemat tentunya. Hehehe. Selain keramas rutin sehari sekali, menggunakan conditioner, vitamin rambut, dan sesekali creambath. Aku juga sering menggunakan masker rambut alami. Ya! Alami. Tepatnya aku meracik sendiri dari bahan baku asli tanpa campuran zat kimia sedikitpun.


Lidah buaya adalah jagoan yang sering aku gunakan. Kenapa? Selain karena mudah didapatkan (kebetulan di kos-ku ada tanaman lidah buaya, jadi tinggal petik aja), semua masalah rambut yang sering aku alami bisa diatasi oleh tanaman sejenis kaktus ini. Seperti mencegah rambut rontok, mendinginkan kulit kepala, melembabkan rambut namun tidak membuatnya menjadi berminyak, juga dapat mencegah ketombe.

Sekarang, aku mau share cara membuat aloe vera hair mask ala aku. Gampang lho. Ga percaya? Nih simak yah.. 
  • Pertama, Cuci bersih lidah buaya satu sampai tiga batang (tergantung panjang rambut).
  • Lalu, Buang duri samping dan kulit bagian atas.


  • Setelah itu, kikis daging lidah buaya dari bagian atas sampai gel-nya keluar. Lakukan sampai habis.

 And this is it…


Mudah kan?
Tinggal kamu aplikasikan pada rambut dari pangkal hingga ujung. Lalu balut kepala menggunakan handuk kecil yang sudah dihangatkan terlebih dahulu. Tunggu selama kurang lebih 15 menit. Lalu bilas dengan menggunakan shampoo.

Btw, aku juga sering menggunakan ini sebagai face mask juga lho. Tapi ketika diaplikasikan ke wajah akan terasa sedikit gatal namun berhasil lho untuk memperkecil pori-pori.

Selamat mencoba dan selamat berpuasa untuk kita yang menjalankan yah. 

XOXO


Komentar

Postingan Populer