DIY: Vanilla Tea Bath Salt



            Hai…
Belakangan ini saya sering sekali bad mood yang menjurus-jurus pada gelaja stress, (ya iyalah... penggaguran gitu!) karena itu, belakangan suka iseng searching cara-cara untuk menangkal stress. Nah apa saja itu? ada banyak sih, diantara jogging, yoga, mengkonsumsi makanan yang membangkitakan mood positif seperti coklat, dan mandi dengan campuran air dan garam mandi. Nah, untuk yang terakhir ini saya sangat tertarik. Karena siapa sih yang nggak merasa seru mandi dengan air beraroma harum dan selain menangkal stress juga bisa bikin makin cantik. Hehehehe…  
Ini nih, manfaat-manfaat dari bath salt.
·         Baik untuk kesehatan kulit: karena mengandung campuran ingredient lain seperti lemon, yang kaya akan vitamin C sehingga baik untuk kulit berminyak dan mencerahkan kulit, atau susu untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan dalam garam dapat menyembuhkan alergi dan infeksi pada kulit. Dan, yang paling penting adalah, seperti yang kita tahu bahwa garam itu kaya akan mineral yang membuat kulit sehat dari dalam.  
·         Rileksasi dan menghilangkan rasa nyeri / sakit: kandungan minyak esensial dalam bath salt mampu membantu proses penyembuhan dan dan membuat lebih rileks karena dapat menurunkan tingkat stress. Untuk orang-orang yang mengidap insomnia, disarankan untuk menggunakan lavender bath salt.
·       Menghilangkan bau badan: sssth.. ini yang jarang kita sadari kan? Kita memang tahu kalau bath salt itu pastinya harum, tapi yang perlu diingat adalah minyak esensial yang terkandung dalam bath salt ketika dicampurnya pada air hangat akan meresap pada tubuh dan mengurangi bau badan.
FYI, garam mandi atau salt bath ini umumnya di gunakan sebagai salah satu terapi dalam praktek spa. Tapi kamu nggak perlu repot dan menghabiskan cukup banyak uang, hal ini juga bisa dilakukan di rumah lho. Caranya gampang, larutkan tiga sendok teh (atau sesuai aturan yang tertera pada kemasaan) garam mandi kedalam bath tub atau ember berisi air hangat.
Untuk mendapatkan garam mandi, saat ini bukanlah hal yang langka, kamu bisa mendapatkannya di supermarket, toko kecantikan, salon-salon, bahkan online shop yang terpercaya. Tapi yang paling penting adalah mencermati  komposisi yang terkandung dalam bath salt yang akan kamu gunakan. Hindari beberapa ingredient, jika kamu memiliki alergi terhadapnya. Tapi, untuk lebih amannya lagi, kamu bisa bikin sendiri. Aku sudah mempratekkannya lho, dan pilihanku jatuh pada Vanilla Tea Bath Salt. Kenapa vanilla tea? Jawabannya gampang, karena aku punya stock vanilla tea yang cukup banyak. Hehehehe..
Selain itu, vanilla tea ini juga mengandung hal-hal positif untuk kulit seperti:
·         Teh dan vanilla sama-sama memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan, maka jika digabungkan maka akan memberikan khasiat yang lebih besar lagi.
·         Anti-oksidan yang tinggi mampu melindungi kulit dari racun-racun dan membuatnya lebih sehat dan lembut.
Nah, gimana? Tertarik? Mau ikutan bikin sendiri juga? Yuk mari…..

Alat dan Bahan


1.      1 cangkir Garam Mineral (bisa sih menggunakan garam dapur, tapi kurang cocok dan tidak begitu disarankan. Karena garam dapur mengandungg kandungan tambahan lain seperti yodium, sedangkan garam mandi sebaiknya murni mengandung NaCl murni, sekitar 90-95%.
2.      3 kantong the vanilla, (bisa diganti dengan bahan lain seperti lavender kering, bubuk mawar, rosemary kering dan lain sebagainya).
3.      Mangkuk untuk mencampur.
4.      Spaktula untuk mengaduk.
5.      Botol bekas untuk wadah bath salt. 
(oh, iya sebaiknya juga menggunakan minyak esensial, tapi berhubung saat ini saya tidak memilikinya jadi tidak menggunakan minyak esensial. Tapi, minyak esensial bisa menyusul ketika akan digunakan. tinggal di teteskan kedalam campuran air hangat dan bath salt).

Lalu bagaimana caranya?
Gampang. Kamu tingggal mencampurkan garam mineral dengan the vanilla kedalam satu mangkuk, lalu aduk hingga rata. Kemudian masukkan kedalam botol. 




This is it, DIY Vanilla Tea Bath Salt. 

xoxo

Komentar

Postingan Populer